Jumat, 08 Mei 2020

Siapa Saja 5 Kiper Terbaik Era Premier League


Berita Hobi Bola - Posisi kiper memang sejatinya tidak terlalu mendapatkan sorotan seperti penyerang. Namun, kiper sangatlah memiliki peranan penting dalam jalannya sebuah pertandingan sepak bola.

Dalam beberapa tahun terakhir, tugas seorang kiper di Premier League tidak dapat dipandang sebelah mata lagi. Para kiper telah membuktikan jika posisi mereka bisa memberikan hiburan tersendiri melalui aksi atraktif dan tentunya sangat menarik untuk ditonton.

Untuk menentukan kiper terbaik tidak bisa hanya dilihat dari kerja kerasnya mengawal gawang sebuah kesebelasan. Kriteria kiper terbaik bisa dilihat dari kesuksesan yang didapatkan bersama tim mereka tersebut.

Sepanjang digelarnya Premier League, terdapat lima penjaga gawang terbaik yang sukses bersama tim. Siapa saja mereka? Simak penjelasannya berikut ini!

Peter Schemeichel

Kiper legendari Manchester United satu ini merupakan penjaga gawang luar biasa yang pernah bermain di Premier League. Selain Manchester United, Schemeichel juga pernah memperkuat tim Inggris lainnya yakni Aston Villa dan Manchester City.

Schemeicel sudah mengantongi 310 caps di Premier League dengan durasi selama 27.586 menit. Pemain asal Denmark tersebut hanya kebobolan sebanyak 287 gol dan berhasil mencatatkan 129 clean sheet.

Banyak gelar yang bisa ia raih ketika memperkuat Manchester United pada tahun 1991 hingga 1999. Bersama Setan Merah, ia berhasil meraih 5 gelar Premier League, 3 trofi FA Cup, 1 gelar Liga Champions dan 1 piala UEFA Super Cup.

Pria yang kini berusia 56 tahun tersebut menutup karirnya pada 1 Juli 2003 bersama Manchester City. Ia tampil sebanyak 29 kali di musim terakhirnya sebagai seorang kiper.

David Seaman

David Seaman merupakan kiper legendaris timnas Inggris. Sepanjang karirnya sebagai seorang penjaga gawang, ia pernah memperkuat dua klub raksasa yaitu Arsenal dan Manchester City.

Pria berusia 52 tahun ini telah mengantongi 344 caps di Premier League dengan durasi bermain selama 30.754 menit. Seaman hanya kebobolan sebanyak 291 gol dan mencatatkan 144 clean sheet.

Saat memperkuat Arsenal, Seaman berhasil mempersembahkan tiga gelar Premier League pada tahun 1990/91, 1997/98 dan 2001/02. Selain itu, ia juga berhasil mempersembahkan 4 gelar FA Cup dan satu UEFA Cup Winners bersama The Gunners

Seaman menutup karirnya sebagai seorang kiper pada tahun 2003/04 bersama Manchester City. Ia tampil 19 kali di penghujung karirnya.

Edwin van der Sar

Kiper legendaris asal Belanda satu ini tercatat sebagai salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah berlaga di Premier League. Selama berkiprah di Inggris, van der Sar pernah bergabung bersama Fulham dan Manchester United.

Van der Sar tampil sebanyak 313 pertandingan di Premier League dengan durasi 27.874 menit. Ia kebobolan sebanyak 313 pertandingan dan berhasil mencatatkan 135 clean sheet.

Saat memperkuat Manchester United, mantan kiper Juventus tersebut berhasil mencapai puncak performanya. Ia berhasil memenangkan 4 gelar Premier League, 2 Piala Liga Inggris, 1 trofi Liga Champions dan 1 gelar FIFA Club World Cup.

Manchester United merupakan tim terakhir yang ia bela. Van der Sar memutuskan untuk gantung sepatu pada 28 Mei 2011.

Petr Cech

Mantan kiper Chelsea dan Arsenal satu ini terbukti menjadi penjaga gawang yang memiliki bakat besar. Bahkan, ia tercatat menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak.

Selama 15 musim bermain di Liga Inggris, Cech berhasil mencatatkan 331 clean sheet. Kiper timnas Republik Ceko tersebut kebobolan sebanyak 657 gol dari 749 laga yang dimainkannya.

Chelsea banyak meraih sukses bersama Petr Cech dengan 4 gelar Premier League, 4 FA Cup, 1 trofi Liga Champions dan satu gelar UEFA Europe League. Selain itu, Cech juga pernah memenangkan sebuah gelar FA Community Shield bersama Arsenal.

David James

Sampai saat ini, David James masih menjadi kiper dengan penampilan terbanyak di Premier League. Dia tampil sebanyak 572 pertandingan dengan durasi bermain selama 51.299 menit.

Mantan kiper Liverpool tersebut mencatatkan 172 clean sheet dan kebobolan sebanyak 665 gol saat bermain di Premier League.

Pria yang saat ini berusia 49 tahun itu memenangkan Piala Liga Inggris bersama Liverpool pada tahun 1995 dan berhasil meraih FA Cup bersama Portsmouth di tahun 2008

James menutup karir sebagai penjaga gawang pada tahun 2014. Klub terakhir yang ia bela adalah Kerala Blasters, tim elite asal India.