Dampak Virus Corona, Disetujui Lima Pergantian Pemain dalam Satu Pertandingan


Berita Hobi Bola - International Football Association Board (IFAB), organisasi yang mengontrol aturan sepak bola mengizinkan sebuah tim untuk melakukan lima pergantian dalam satu pertandingan ketika kompetisi sepakbola bergulir kembali.

Pandemi virus corona telah melumpuhkan seluruh aktifitas dunia bagi yang terdampak. Tak kecuali sepak bola yang harus terhenti untuk beberapa waktu. Namun, saat ini telah ada tanda-tanda jika kompetisi akan kembali bergulir. Dan satu hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan para pemain yang bermain di atas lapangan.

IFAB pun menyetujui permintaan FIFA terkait jumlah pergantian pemain dalam satu pertandingan. Pada normalnya dalam satu pertandingan hanya diperbolehkan melakukan tiga pergantian pemain saja. Namun sesuai permintaan, setelah kompetisi kembali bergulir akan diperbolehkan maksimal melakukan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan. Dibalik itu, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, aturan ini hanya berlaku sementara dan diperbolehkan hingga akhir kompetisi pada 31 Desember 2020. Artinya peraturan ini hanya berlaku pada musim 2019/20 dan akan kembali ke aturan normal pada musim 2020/21. 

Kedua, setiap tim hanya diperbolehkan tiga kali menghentikan laga untuk melakukan pergantian pemain. Dengan demikian, jika sebuah tim ingin melakukan lima pergantian pemain maka hanya bisa dilakukan tiga kali break di tengah laga. Tim bisa juga bisa melakukan pergantian pemain saat turun minum ataupun langsung mengganti lebih dari satu pemain sekaligus.

Ketiga, aturan ini tidak diwajibkan dan tergantung pihak penyelenggara kompetisi. Sampai saat ini, baru RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol) yang memiliki niat untuk menerapkan aturan tersebut. Lebih lanjut, IFAB menyatakan jika aturan ini dimungkinkan akan diperpanjang hingga musim dengan sesuai dengan situasi dan kondisi kedepannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.