"Ritual' yang Membuat Lionel Messi Menjadi Maestro Tendangan Bebas


Berita Hobi Bola - Hampir semua pendukung sepakbola setuju jika Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Namun, jika dilihat baru beberapa tahun terakhir Messi berhasil menyempurnakan permainannya di Barcelona.

Saat ini Lionel Messi bisa mencetak gol dari berbagai sudut, membuat peluang, memberikan umpan akurat, menggiring bola hingga membobol gawang lawan melalui tendangan bebas indah. Tendangan bebas inilah yang jadi bukti evolusi Messi. Bertahun-tahun lalu, Lionel Messi bukanlah pilihan utama untuk eksekutor tendangan bebas. Masih banyak pemain lain yang lebih layak melakukannya seperti Ronaldinho, Xavi hingga Iniesta.

Sejak beberapa musim terakhir, tendangan bebas Lionel Messi menjadi salah satu yang paling ditakuti para kiper. Tendangan bebas yang ia miliki cukup mematikan di sepak bola Eropa. Dengan gaya yang begitu dingin, Messi bisa mencetak gol indah dari beberapa titik yang berbeda.

Tidak Langsung Menjadi Mahir

Saat ini memang sudah sangat lumrah jika Messi berdiri di belakang bola, menghadapi pagar hidup dan melepaskan tendangan melengkung indah menuju gawang lawan. Meskipun begitu, Lionel Messi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencetak gol pertama dari tendangan bebas.

Messi bermain di tim profesional pada tahun 2005 dan baru berhasil mencetak gol tendangan bebas pertamanya pada Oktober 2008. Saat itu skill tendangan bebasnya masihlah teramat biasa, kemampuannya baru mulai meroket pada tahun 2011/12. Pada musim itulah baru ia menemukan teknik tendangan bebas terbaiknya.

Tercatat dari musim 2011/12 hingga 2014/15, Lionel Messi berhasil mencetak 12 gol dari tendangan bebas langsung. Sebagian besar gol-gol tersebut terjadi pada momen penting.

Langsung Bersiap Selebrasi

Menurut Carlos Tevez, "Cristiano (Ronaldo) belajar cara melewati lawan, Messi hanya perlu berlatih tendangan bebasnya. Dia baru mulai mencetak gol tendangan bebasnya ketika ia mulai melatihnya." ujar rekan satu negaranya tersebut.

Saking akurat tendangan bebas Messi dari bola mati, rekan setimnya di Barcelona sudah tau harus melakukan apa sebelum Messi menendang bola tersebut. "Seringkali ketika kami mendapatkan peluang tendangan bebas, kami sudah memikirkan selebrasinya." ujar Rakitic.

Bukan  hanya bualan belaka, ada alasan kuat dibalik ungkapan Rakitic tersebut. Tercatat sejak musim 2016/17, tidak ada pemain yang bisa mendekati torehan Messi perihal gol dari tendangan bebas. Berikut ini adalah data selengkapnya:

-Lionel Messi: 18 gol tendangan bebas
-Paulo Dybala: 7 gol
-Alekasandar Kolarov: 7 gol
-Nabil Fekir: 6 gol
-Enis Bardhi: 6 gol

Data yang sangat luar biasa, bahkan jika gol yang dimiliki peringkat dua dan tiga dijumlahkan, juga masih belum bisa melampaui torehan Lionel Messi tersebut. Namun dibalik torehannya tersebut pasti ada "Ritual" yang dilakukan Lionel Messi.

Jawabannya mungkin sangatlah membosankan, seperti kesaksian Ernesto Valverde musim lalu "Ia selalu berlatih dan selalu mencetak gol (tendangan bebas)."

Messi sempat membeberkan ritual lain yang ia lakukan sebelum mengeksekusi tendangan bebas, "Saya mencoba mengeksekusinya dengan cara yang sama. Jika berhasil maka ia akan mengulangi cara yang sama."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.