Senin, 18 Mei 2020

Kisah Awal Mula Frank Lampard Menjadi Pelatih: Sempat Diragukan Derby


Berita Hobi Bola - Frank Lampard bakal selamanya memiliki hutang budi terhadap Harry Redknapp. Jika bukan karena pelatih senior tersebut, Lampard mungkin tidak akan menjadi bos Chelsea saat ini.

Perjalanan kepelatihan Lampard memang masih di tahapan awal, dan masih belum memiliki pencapaian apapun. Dia beruntung bisa memegang kendali The Blues musim 2019/20 ini, hanya saja situasinya tidak ideal karena embargo transfer.

Meskipun demikian, kesempatan melatih tim sebesar Chelsea pada tahun keduanya menjadi pelatih merupakan capaian yang spesial bagi Lampard. Beliau baru semusim melatih Derby County (2018/19) dan sudah dianggap cukup meyakinkan oleh Chelsea.

Bagaimanapun, pengalaman satu musim di Derby merupakan modal berharga bagi Lampard dan nyaris tak pernah ia dapatkan. Berikut ini adalah kisahnya!

Awalnya di Ipswich

Sebagai pelatih muda, menemukan pekerjaan pertama sangatlah penting. Lampard sangatlah beruntung bisa mendapatkan bantuan dari Redknapp yang merupakan salah satu sosok penting dalam sepak bola Inggris.

"Pertama-tama, saya mendapatkan pekerjaan untuk Frank di Ipswich bersama Marcus Evans. Saya menelpon dia, saya berkata:' Anda butuh pelatih, Frank Lampard merupakan orang yang anda cari.' Mereka bertemu dan menyukai Lampard, dan menawarkan pekerjaan itu," ungkap Redknapp kepada Sky Sports.

"Frank berkata: "Harry, mereka tidak memiliki bujet, bakal sulit, saya tidak dapat mendatangkan pemain.' Saya mengakui mereka klub hebat, tapi Anda tidak memiliki tongkat sihir. Anda butuh sedikit bantuan."

Derby Tersedia

Saat Lampard sedang mempertimbangkan tawaran Ipswich, saat itu juga ada lowongan di Derby County. Redknapp langsung menghubungi pemilik klub tersebut karena memang cukup mengenalnya.

"Lalu tersedia pekerjaan di Derby County dan saya menelpon Mel Morris. Dia berkata bahwa mereka sedang mencari pelatih berpengalaman, saya menjawab: 'Anda terus mendatangkan pelatih dan melepasnya, Anda tidak cerdas memilih pelatih. Ambillah Frank Lampard," sambung Redknapp.

"Dia berkata jika Lampard tidak memiliki pengalaman, tapi saya bilang jika banyak pelatih hebat yang pada awalnya juga tidak memiliki pengalaman."

"Lampard mengenal permainan ini. Dia profesional hebat, dia memahami sepak bola, dia mendatangkan begitu banyak hal ke klubnya [Chelsea]," tambahnya.

Sempat Bakal Jadi Asisten

Saat itu pihak Derby sempat berpikir ulang, akhirnya mereka bertemu langsung dengan Lampard yakin dengan ucapan Redknapp. Sisanya adalah sejarah, Lampard hampir membawa Derby promosi ke Premier League.

"Pada awalnya mereka ingin mempekerjakan Lampard sebagai asisten, tapi saya berkata bahwa Lampard ingin jadi pelatih, tolong menemuinya. Besoknya mereka bertemu, Morris akhirnya tercengang dengan Lampard," lanjut Redknapp.

"Saya tidak pernah ragu dia akan sukses. Dia cerdas, pria baik, etos kerjanya luar biasa. Dia dewasa dalam permainan ini, bakal jadi luar biasa," pungkasnya.