Kamis, 14 Mei 2020

Kisah Petr Cech: Ketika 'Diusir' Jose Mourinho dari Chelsea


Berita Hobi Bola - Karir Petr Cech selama membela Chelsea tidak bisa diabaikan begitu saja. Beliau merupakan salah satu ikon yang akan dikenal sepanjang masa oleh tim asal ibukota London tersebut. Dia merupakan salah satu kiper terbaik Chelsea dalam sejarah, koleksi trofinya sudah membuktikan itu.

Pelatih Chelsea terus berganti, tapi Cech tetap dipercaya. Ia pernah menjadi pahlawan ketika membawa Chelsea menjadi juara Liga Champions pada tahun 2012 untuk pertama kalinya. Cech berhasil mengagalkan tembakan Ivica Olic dan Bastian Schwinsteiger dalam babak adu pinalti.

Namun, nasibnya berubah ketika Jose Mourinho kembali ke Chelsea pada tahun 2013 lalu. Saat itu pulangnya Mou bertepatan dengan kembalinya Thibaut Courtois dari masa pinjamannya di Atletico Madrid. Dan seketika nasib Cech berubah.

Courtois Langsung Jadi Nomor 1

Tanpa kejelasan, Mourinho tiba-tiba menunjuk Courtois menjadi kiper nomor 1 Chelsea. Kiper asal Belgia tersebut dipercaya bermain pada pertandingan perdana Premier League, bahkan sempat mengenakan nomor punggung 1.

Cech sebenarnya masih diberikan kepercayaan dan kesempatan. Dia meraih trofi Premier League berikutnya dan jadi kiper utama saat bermain di ajang Carabao Cup. Namun, Cech menolak hanya jadi kiper cadangan Courtois.

"Saya benar-benar tidak senang. Saya bekerja keras selama pramusim. Tidak ada tanda-tanda bahwa saya tidak siap mempertahankan posisi," ujar Cech di laman resmi Chelseafc.

"Namun, dalam tim sepak bola, Anda hanya bisa memainkan satu kiper tiap pekan dan sayangnya itulah yang terjadi. Thibaut dianggap sebagai masa depan klub dengan potensi dan kualitasnya."

Keputusan Sulit


Bagi Cech, meninggalkan Chelsea untuk Arsenal merupakan keputusan terseulit sepanjang karirnya. Dia selalu berharap bisa menutup karir di Stamford Bridge, tetapi ternyata situasinya tidak semudah yang ia bayangkan.

"Saya memahami alasan keputusan tersebut, tapi sebenarnya saya merasa waktu saya belum tiba. Meninggalkan Chelsea merupakan keputusan berat yang harus saya ambil." sambung Cech.

"Saya sudah membela klub ini begitu lama dan menjadi bagian besar dari sejarah klub. Saya selalu membayangkan akan menutup karir saya di Chelsea atau setidaknya akan pergi beberapa tahun lagi," tutupnya.