Jumat, 26 Juni 2020

Liverpool Resmi Juara Setelah Penantian Selama 30 Tahun


Berita Hobi Bola - Liverpool berhasil menjadi juara Premier League 2019/20. Hasil ini resmi didapatkan Liverpool setelah Chelsea mengalahkan Manchester City di Stamford Bridge 2-1, Jumat (26/06/2020).

Dengan hasil ini, City tetap memiliki poin 63 atau tertinggal 23 poin dari Liverpool yang telah mengemas 86 poin. Manchester City hanya memiliki 7 laga sisa yang artinya  poin maksimal yang bisa mereka capai adalah 84.

Ini merupakan gelar Premier League pertama The Reds. Gelar ini sekaligus mengakhiri penantian panjang tanpa gelar liga selama 30 tahun. Liverpool terakhir kali merasakan juara pada tahun 1989/90. Kala itu Liverpool yang bermarkas di Anfield masih ditangani oleh Kenny Dalglish.

Setelah gelar itu, Liverpool tidak pernah lagi merasakan gelar juara liga. Baru pada era Jurgen Klopp mereka bisa mengakhiri puasa gelar tersebut meski harus menunggu tiga dekade. Dalam proses meraih gelar juara, Liverpool berhasil mencatatkan beberapa rekor. Berikut ini adalah beberapa rekor yang telah ditorehkan oleh Liverpool.

Juara Premier League Tercepat

Perayaan gelar juara Liverpool sempat tertunda karena pandemi virus corona. Namun pada akhirnya mereka berhasil menjadi juara, bahkan mencatatkan rekor tercepat. The Reds masih memiliki 7 pertandingan atau 2 pertandingan lebih cepat dari tim lainnya yang pernah juara Premier League.

Liverpool berhasil melewati capaian dari Manchester United (2000/01) dan Manchester City (2017/18). Kedua rival sekota itu berhasil juara ketika masih menyisakan 5 pertandingan lagi.

Start Terbaik dalam Semusim

Dalam sejarah, tidak ada tim di lima liga top Eropa yang tampil luar biasa seperti Liverpool. Dari 31 pertandingan yang dimainkan The Reds, mereka berhasil mengumpulkan 86 poin dari 93 poin yang tersedia.

Namun rentetan kemenangan yang berhasil dikumpulkan oleh Liverpool harus berakhir dikandang Watford. Bahkan setelah pertandingan itu, Liverpool kembali harus mengalami hasil imbang kala berjumpa dengan Everton. Namun, The Reds hanya kehilangan poin pada tiga laga sepanjang musim ini.

Kemenangan Tandang Terbanyak secara Beruntun

Anfield sudah dikenal sebagai salah satu benteng tangguh selama masa kejayaan Liverpool sebelumnya. Bahkan hal itu juga masih terlihat pada era Jurgen Klopp. Kemenangan 4-0 atas Crystal Palace kemarin merupakan kemenangan ke-23 secara beruntun sejak musim lalu.

Hasil ini menjadi pemecah rekor yang dimiliki Machester City musim lalu di Premier League. The Reds juga tak terkalahkan selama 56 pertandingan terakhir di Anfield. Itu merupakan terbanyak kedua setelah Chelsea dalam sejarah kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Tim Tercepat Mengalahkan Semua Kontestan Premier League (24 Laga)

Liverpool berhasil mengalahkan semua tim di Premier League musim ini. Kemenangan atas West Ham United pada 29 Januari membuat mereka berhasil mengalahkan semua kontestan Premier League musim ini.

Dalam sejarah panjang klub, Liverpool belum pernah mengalahkan setiap lawannya dalam satu musim pada kasta tertinggi liga Inggris. Sementara di era Premier League, rekor ini hanya berhasil dilakukan sebanyak lima kali.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Manchester City. Namun City membutuhkan 31 pertandingan untuk menorehkan pencapaian tersebut.