Sabtu, 09 Mei 2020

Berbagai Rekor Ronaldo dan Messi yang Membuat Anda Terkagum


Berita Hobi Bola - Siapa yang tidak kenal dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? Dua pemain terbaik sepakbola yang sudah sangat sering diperbincangkan bahkan hingga membuat bosan. Pada artikel kali ini akan kita buktikan jika Ronaldo dan Messi sama-sama memiliki level jauh di atas jutaan pesebak bola lainnya.

Namun ada baiknya kita tidak membandingkan kedua pemain ini. Namun kali ini akan coba kita ulas 'jurang kualitas' yang diciptakan Ronaldo-Messi dengan pemain lainnya. Selama kurang lebih 15 tahun terakhir, nama keduanya selalu mendominasi sepak bola Eropa dan dunia.

Sebenarnya, banyak pesepakbola lain yang bermain di level tinggi. Diantaranya terdapat nama Luis Suarez, Neymar, Eden Hazard dan beberapa nama lainnya. Namun, raihan Ronaldo dan Messi masih jauh di atas mereka semua.

Jurang kualitas ini dibuktikan dengan rekor-rekor fantastis yang berhasil diraih Ronaldo dan Messi. Sebagai contoh, Massi unggul dengan 6 Ballon d'Or dari Ronaldo yang mendapatkan 5 trofi. Tercatat dalam sejarah, tidak ada pemain yang berhasil mendapatkan lebih dari 3 trofi tersebut sebelum era Ronaldo dan Messi.

Kira-kira rekor apa saja yang mampu menobatkan kedua pemain tersebut sebagai pemain terbaik dunia. Berikut ini akan kita bahas semua itu!

Gol Terbanyak di Lima Liga Top Eropa

Ronaldo: 440
Messi: 438

Trivia: Andai keduanya tidak mencetak gol lagi di liga dan Harry Kane mencetak 30 gol permusim dalam 10 tahun kedepan, ia masih minus 4 gol dari rekor Ronaldo.

Gol Terbanyak dalam Semusim Liga

Messi: 73
Ronaldo: 61

Trivia: Andai jumlah gol ketiga peraih Golden Boot Premier League musim 2018/19 lalu: Sadio Mane, Mohamed Salah dan Pierre Aubameyang yang masing-masing mencetak 22 gol dijumlahkan, maka total gol mereka masih minus 7 gol dari torehan Lionel Messi seorang.

Capaian Minimal 50 Gol dalam Semusim Secara Beruntun

Ronaldo: 6 (beruntun)
Messi: 3 (total 6 musim)

Trivia: Hanya ada empat pemain yang bisa menutup musim dengan torehan 50 gol dalam sejarah liga top Eropa. Ronaldo dan Messi merupakan pemain yang termasuk di dalamnya.

Torehan Gol Terbanyak dalam Satu Tahun Kalender (Klub dan Internasional)

Messi: 91 (2011)
Ronaldo: 69 (2012)

Trivia: 91 gol dalam satu musim atau jika diratakan maka Messi bisa mencetak 1,75 gol tiap pekannya selama satu tahun penuh. Di sisi lain, Ronaldo yang memegang rekor gol internasional terbanyak dalam satu tahun kalender: 32 gol (Messi: 25).

Gol Terbanyak di Liga Champions

Ronaldo: 128
Messi: 114

Trivia: Ronaldo dan Messi masing-masing berhasil melampaui banyak nama pemain top sebelumnya. Andai koleksi Ruud van Nistelrooy (56) dan Thierry Henry(50) ditambahkan, hasilnya tetap tidak bisa menyamai jumlah gol Messi maupun Ronaldo. Ronaldo juga memimpin jumlah assist terbanyak (39) dan Messi menyusul di bawahnya.

Gol Terbanyak dalam Semusim Liga Champions

Ronaldo: 17
Messi: 14

Trivia: untuk urusan satu ini Ronaldo nyaris tak tertandingi. Dia mendominasi tiga besar top scorer UCL dengan 17 gol (2013/14), 16 gol dan 15 gol. Baru setelah itu disusul oleh Lionel Messi dengan 14 gol.

Jumlah Ballon d'Or Terbanyak

Messi: 6
Ronaldo: 5

Trivia: Messi juga berhasil memegang rekor rentang waktu terlama antara keberhasilan meraih Ballon d'Or. Trofi keenam Messi datang satu dekade setelah trofi pertamanya. Sampai saat ini, tidak ada pemain yang bisa mendekati torehan Messi dan Ronaldo (maksimal  trofi).

Golden Shoe Terbanyak

Messi: 6
Ronaldo: 4

Trivia: Tak ada pemain lain yang bisa mendapatkan lebih dari dua golden shoe selain Messi dan Ronaldo,

Hattrick Terbanyak (Klub dan Internasional)

Ronaldo: 56
Messi: 52

Trivia: Ronaldo mengoleksi 34 hattrick untuk Real Madrid, Messi 36 hattrick untuk Barcelona. Sebagai perbandingan, rekor hattrick Premier League dipegang oleh Sergio Aguero dengan 12 tri gol saja.

Trivia Ronaldo

-Ronaldo mencetak gol internasional terbanyak di panggung Eropa (99), ia hanya terpaut 10 gol dari rekor dunia yang dicetak oleh Ali Daei.
-Ronaldo memegang rekor untuk tim internasional yang paling banyak ia jebol (41).
-Ronaldo merupakan pemain pertama yang bisa mencetak gol dalam 10 turnamen secara beruntun (4 Euro, 4 Piala Dunia dan 2 Piala Konfederasi).
-Hanya Ronaldo satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di partai puncak Liga Champions dengan dua klub berbeda (Manchester United dan Real Madrid).
-Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic merupakan pemain yang pernah mencetak gol di setiap menit pertandingan resmi (1-90).
-Ronaldo merupakan satu-satunya pemain yang bisa mencetak 10 gol ke gawang satu tim di Liga Champions (Juventus).
-Ronaldo merupakan pemain pertama yang bisa menjuarai kasta tertinggi Liga Inggris, Spanyol dan Italia.

Trivia Lionel Messi

-Messi merupakan satu-satunya pemain yang bisa mencetak lebih dari 40 gol dalam 10 musim beruntun.
-Messi memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah La Liga dengan 438 gol. Ronaldo kedua dengan 311 gol.
-Messi merupakan satu-satunya pemain yang pernah menjebol semua gawang tim dalam satu musim liga (19 lawan, 30 gol di musim 2011/12).
-Messi dan Ronaldo sama-sama memegang rekor penampilan terbanyak di FIFPro World XI (13 kali).

Kesimpulan

Masih perlu dibandingkan? Barisan rekor diatas telah menegaskan jika baik Ronaldo maupun Messi berada di dunia berbeda. Ada jurang yang sangat curam memisahkan Ronaldo-Messi dengan pemain hebat lainnya.

Generasi penikmat sepakbola saat ini termasuk sangatlah beruntung bisa menyaksikan beragam aksi menarik dan terbaik dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di atas lapangan. Sebab itu, daripada berdebat siapa yang terbaik diantara keduanya, sepertinya anda lebih baik untuk memberikan apresiasi bagi kedua pemain.

Sebab mau bagaimana pun, kedua pemain tidak akan bisa bermain selamanya. Mungkin dalam beberapa tahun kedepan keduanya sudah harus gantung sepatu dikarenakan umur yang sudah tidak muda lagi.